Kamis, 08 Desember 2011

Pejabat Pertamina Diperiksa untuk Kasus PT Innospec

Jakarta SP Aktual - Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa dua pejabat Pertamina kemarin. Mereka adalah mantan Wakil Direktur PT Pertamina Mustiko Saleh serta Wakil Presiden Perencanaan dan Pengelolaan PT Pertamina Chrisna Damayanto. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha mengatakan keduanya diperiksa dalam kaitan dengan kasus suap perusahaan Inggris, PT Innospec, yang diduga melibatkan Pertamina.

“Mereka diperiksa sebagai saksi,” ujar Priharsa di kantornya kemarin. Chrisna, yang lebih dulu selesai diperiksa, memilih bungkam saat ditanya wartawan. Bahkan dia berkilah tidak diperiksa KPK. “Saya hanya tamu KPK,”ujarnya.

Chrisna, yang mengenakan kemeja putih, pun langsung meninggalkan KPK menuju jalan menunggu jemputan dari sopir pribadinya. Kasus ini bermula saat perusahaan kimia asal Inggris itu mengelola pengadaan proyek tetra ethyl lead (TEL) di Pertamina. Proyek zat aditif bensin itu dikerjakan sejak 2000 hingga 2006 dengan anggaran Rp 261 miliar.

Dalam pengelolaannya, Innospec diduga memberikan uang suap kepada para petinggi Pertamina. Kasus ini terbongkar ketika badan antikorupsi Inggris, Serious Fraud Office, menggugat PT Innospec di Pengadilan Southwark Crown.

Perusahaan asing ini pun mengakui perbuatannya sehingga didenda Rp 112,3 miliar. Suroso bersama Mustiko juga disebut-sebut melancong ke Inggris menggunakan uang Innospec. KPK lalu mengusut kasus ini dengan memeriksa beberapa mantan Direktur Utama Pertamina, yakni Widya Purnama, Ari Hermanto Sumarno, Baihaki Hakim, Arifin Nawawi, serta Wakil Direktur Utama Pertamina Iin Arifin Takhyan.

KPK lalu menetapkan mantan Direktur Pengelolaan PT Pertamina Suroso Atmo Martoyo sebagai tersangka pada 29 November lalu. Adapun Mustiko Saleh mengatakan tidak mengetahui Suroso menerima suap dari perusahaan Inggris.

Dia juga membantah adanya suap dalam proyek tersebut.“Tidak ada itu,”kata Mustiko saat dimintai konfirmasi ihwal dirinya ikut menerima fasilitas dari PT Innospec bersama Suroso. Mustiko tidak berkomentar setelah diperiksa.

Dia langsung naik ke mobilnya,lalu meninggalkan kantor komisi antikorupsi. Priharsa menambahkan, Mustiko diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PT Innospec. “Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka S,”katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons