Selasa, 01 Mei 2012

Pilot “Nyabu” Jalani Sidang


 

 

Surabaya, SP Aktual,-  Sidang perdana atas nama terdakwa Saipul Salam Pilot maskapai penerbangan Lion Air, terdakwa yang ditangkap polisi terkait masalah penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu di hotel Garden Palace Surabaya beberapa waktu lalu, Sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, dipimpin Hakim Ketua Eri Mustianto, beserta Hakim Anggota, Unggul Ahmadi dan Bambang Kusmonandar.Dalam dakwaannya, terdakwa  didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU), Wayan Oja Miasta, melanggar pasal 127 dan pasal 112 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dan minimal ancaman hukuman empat tahun penjara.Tindakan sang pilot itu dinilai bisa membahayakan orang lain karena berkaitan dengan profesinya sebagai pilot yang akan menerbangkan pesawat

Kini terdakwa masih menjalani program rehabilitasi ketergantungan narkoba yang direkomendasikan BNN. Dalam sidang, kuasa hukum terdakwa Arifin Humaternate, mengajukan permohonan penangguhan penahanan agar kliennya bisa melanjutkan program rehabilitasi. 
Kuasa Hukum terdakwa, setelah persidangan mengatakan bahwa dakwaan yang diberikan JPU kepada terdakwa dinilai berlebihan.
"Terdakwa merupakan pemakai, bukan pengedar, dan atas dakwaan JPU akan diajukan upaya rehab," terang Arifin
Diungkapkan pula, apabila kliennya bukan pengedar sabu yang aktif mengedarkan dan menurut keputusan Mahkamah Agung (MA) No III tahun 2011, pengguna sepatutnya ditempatkan di rehabilitasi.
"Dan terkait dakwaan itu kami akan mengajukan permohonan pembantaran, guna rehabilitasi medis. Sebab majelis hakim mempunyai kewenangan sesuai KUHP untuk pembantaran, selama dalam proses persidangan," imbuhnya.
"Kalau berkenaan dengan pasal itu merupakan kuasa jaksa penuntut Umum. Disini kami hanya menuntut pengajuan permohonan kepada Majelis Hakim, sehubungan dengan pasal 112, karena besar kemungkinan untuk rehabilitasi medis saja," pungkasnya. (syukur)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons