Sabtu, 17 Desember 2011

Komnas HAM Datangi Garut

Garut, - Sehari setelah terjadi bentrokan antara pengunjuk rasa dengan aparat kepolisian, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang dipimpin Komisioner Kabul Suryadhie didampingi Nurzaman tiba di Kab. Garut, Jumat (16/12). Tim Komnas HAM mendatangi RSUD dr. Slamet Garut untuk meminta keterangan dari para korban.
Melihat kehadiran tim Komnas HAM, beberapa orang peserta aksi yang menderita luka-luka tampak sumringah. Mereka pun langsung mengadukan keluhannya saat tim mengajukan beberapa pertanyaan. Kendati demikian, Kabul mengaku tidak akan terkecoh dengan aduan sepihak. Dengan demikian, pihaknya masih perlu mengumpulkan data dan fakta otentik sebelum membuat pernyataan.
"Kami mengetahui adanya kejadian ini melalui pemberitaan di berbagai media. Untuk itu, kami langsung meluncur ke Kab. Garut untuk memastikan ada tidaknya pelanggaran HAM. Untuk mengumpulkan data dan fakta, kami akan tinggal selama beberapa hari di Garut. Kami juga akan terus memantau situasi dan mendalami bentrokan yang terjadi kemarin," kata Kabul kepada wartawan.
Lebih jauh Kabul mengatakan, kejadian seperti kemarin sangat rentan melanggar HAM. Namun, jika aparat kepolisian telah menempuh prosedur, tentu tidak bisa dikatakan sebagai pelanggaran HAM. Bahkan, jika memang pelaku unjuk rasa melakukan tindakan anarkis, sudah selayaknya polisi bertindak tegas.
Selain mendatangi RSUD dr. Slamet Garut, tim Komnas HAM juga mendatangi Mapolres Garut. Kendati demikian, Kapolres Garut, AKBP Enjang Hasan Kurnia tidak mau berkomentar banyak terkait kedatangan tim Komnas HAM tersebut. Menurutnya, hasil pertemuan dengan Komnas HAM bukan untuk dikonsumsi publik. Dirinya menerima pernyataan dukungan dari Komnas HAM atas tindakannya dalam aksi kemarin. (sumber : klik galamedia)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons